Tips Merawat Mobil Untuk Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Terbaru

.

Kali ini saya ingin berbagi tips2 mengenai perawatan mobil.
Tips Merawat Mobil Untuk Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Terbaru
http://image.ec21.com/image/heshbon/oimg_CA00186416/Car_lift_for_repair_shop_HL-51G_.jpg
Berikut beberapa Tips2 yang bisa anda praktekkan di rumah :

Membersihkan Noda Jok Mobil

Anak adalah buah hati orang tuanya, dan mereka kerap kali dibawa kemanapun sang ibu pergi (terutama bila berkendaraan). Bepergian tersebut juga memerlukan persiapan khusus, diantaranya adalah membawa bekal untuk makan/minum anak, atau pakaian ganti. Untuk balita, satu benda yang tidak pernah tertinggal adalah botol susu/minuman. Nah, minum susu dalam perjalanan ini yang kerap menjadi bencana kecil, karena kondisi jalan atau hal lain, susu sering kali tumpah di atas jok mobil Anda.Kejadian ini sering kali tidak diambil pusing, namun jangan salah. Mendiamkan noda susu atau minuman (kecuali air putih) hingga merembes ke dalam jok hanya akan membuat bau asam atau tidak sedap tercium. Ini dapat menimbulkan jamur dan menarik perhatian hewan-hewan menjijikkan seperti kecoa masuk ke dalam mobil. Belum lagi, noda tersebut akan membuat kusam. Untuk mengatasinya, ada kiat-kiat tertentu yang bisa dilakukan, tentunya dengan meluangkan sedikit waktu Anda.

Ada beberapa alat yang dapat digunakan dan dapat diperoleh dari sekitar rumah, yaitu sikat besar, sikat gigi, kain serbet, kain putih, sprayer, air berisi sabun deterjen, dan terakhir vacuum-cleaner. Kemudian perhatikan tipe jok mobil Anda, ada dua bahan : kulit dan kain, yang masing-masing memerlukan penanganan berbeda. Untuk jok kain, yang perlu dicermati adalah sifatnya yang cepat menyerap air/merembes, sehingga perlu penanganan yang cepat. Sementara untuk yang jenis kulit akan lebih mudah, mengingat sifatnya yang lambat menyerap air. Selain itu, sebagai pencegahan kejadian serupa terulang di kemudian hari, ada baiknya bila jok dilapisi oleh cover setiap kali mengajak buah hati.Tips membersikan jok mobil dari noda susu :

1. Bersihkan jok denga mesin penyedot debu.
2. Seprotkan deterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
5. Semprotkan pengharum mobil.
6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.

Mobil Terpelihara Meski Jarang Dipakai
Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang sangat sibuk, tugas memaksa untuk kerap bepergian ke luar kota atau negeri dalam jangka waktu lama. Bila Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali nanti, kendaraan tidak dalam kondisi terlantar atau mengenaskan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan. Kemudian, ikuti tips-tips berikut.

1. Posisi rem tangan dibebaskan
Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat terbuka.

2. Lepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu
Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.

3. Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok
Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.

4. Taruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover
Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama. Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.

5. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.

6. Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack. Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa tidak nyaman.

Membeli dan Memperbaiki Mobil Bekas

Sekarang ini membeli mobil bekas perlu memperhatikan banyak segi. Jangan sampai Anda ditipu membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan atau memiliki kekurangan-kekurangan lainnya. Yang pertama harus diperiksa adalah kondisi body mobil, caranya dengan melihat sudut-sudut terutama bagian kap mesin, bagasi belakang, dan tiang penyangga pintu. Mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan memiliki bentuk lipatan sempurna, sebab sehebat-hebatnya montir yang memperbaiki, sulit untuk bisa menyamai bentuk orisinilnya. Sementara untuk memeriksa apakah warna mobil tersebut masih asli, tinggal lihat bagian pinggir karet pintu atau kaca. Jangan lupa juga untuk meneliti kelengkapan surat-surat, supaya kelak tidak menemukan masalah dengan aparat hukum. Bila sudah mendapat mobil bekas yang Anda inginkan, kini langkah selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut supaya tidak kalah dengan yang baru.

Caranya? Bawa saja ke salon-salon mobil terdekat, atau simak tips berikut ini.Salah satu penyakit mobil lama (kecuali pemilik sebelumnya telaten) adalah bagian dalam mobil yang kotor. Untuk membersihkannya, terutama bagian jok dan karpet, gunakan vacuum-cleaner. Untuk bahan yang terbuat dari kulit, gunakan shampoo bayi yang lembut, kemudian bersihkan secara perlahan jok tersebut dengan menggunakan spons dan air hangat. Untuk bagian karpet, Anda harus cermati apakah bagian tersebut lembab atau tidak. Bila jawabannya YA, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Untuk bahan yang terbuat dari wol, seandainya basah maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Bila tidak, tinggal jemur sampai kering. Pada bagian plafon, gunakan semprotan yang dijual khusus untuk mengangkat noda yang menempel, kemudian dilap dengan bersih. Lakukan proses ini beberapa kali supaya mendapat hasil yang maksimal.

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian body mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel. Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi. Gunakan bubuk yang biasa digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca mobil untuk mendapat hasil sempurna. Taktik yang sama bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin mobil supaya terlihat seperti baru. Gunakan sabun atau pembersih khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir untuk bagian ini yang dijual di toko-toko.Yang sedikit sulit adalah memoles bagian body luar mobil supaya mengkilap. Selain harus menggunakan shampoo khusus mobil, Anda juga perlu mempunyai alat pembersih yang kini sudah dijual bebas di toko-toko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi, bukankah untuk mendapat hasil maksimal perlu sedikit pengorbanan. Siapa tahu, kelak malah Anda yang membuka salon mobil sendiri…

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat buat anda :D thanks.. :P



fb comments

1 comments:

judi bola mengatakan...

artikelnya bagus sekali

Posting Komentar